RSS

PLN Teken PPA untuk Program 35.000 MW

12 Feb

 

PT PLN (Persero) telah menyelesaikan penandatanganan kontrak-kontrak perjanjian jual beli listrik (Power Purchase Agreement/PPA) dan kontrak pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW) dengan jumlah 17.340 MW dengan total nilai investasi senilai USD20 miliar atau sekitar Rp280 triliun.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengungkapkan, ini untuk pertama kalinya PLN melakukan penandatanganan pembangunan pembangkit listrik dengan kapasitas tersebut Bisa dikatakan langkah ini merupakan PPA terbesar dan merupakan sejarah baru.

“Kami telah berhasil mengukir sejarah baru di republik ini. Sangat bersejarah juga bagi PLN. Ini merupakan pertama kali kita melaksanakan penandatanganan sekaligus sebesar ini,” ungkap Sofyan, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Sofyan menjelaskan, dari 17.340 MW pembangkit yang telah ditandatangani, sebanyak 4.291 MW menggunakan energi yang bersih dan terbarukan yaitu gas, air, dan panas bumi. Selebihnya menggunakan batu bara dengan jumlah kapasitas mencapai 13.049 MW.

Pilihan ini merupakan optimasi dari ketersediaan energi primer yang ada di Indonesia serta memanfaatkan potensi energi primer di masing-masing lokasi. Adapun sebaran lokasi pembangkit yang sudah ditandatangani kontraknya mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Para kontraktor yang terpilih untuk mengerjakan proyek pembangkit 35 ribu MW telah menjalani serangkaian proses pengadaan tender secara ketat dan transparan. Mereka membawa teknologi pembangkit terbaru yang berasal dari negara Jepang, Tiongkok, Amerika Serikat, dan Eropa.

“Mengingat angka investasi yang sangat besar, dan kelistrikan kita sangat tergantung pada keberhasilan dari para pengembang dan kontraktor ini maka tingkat sukses dari program ini perlu dijaga sehingga dapat mencapai 100 persen,” pungkas Sofyan.

Advertisements
 
Comments Off on PLN Teken PPA untuk Program 35.000 MW

Posted by on February 12, 2016 in Uncategorized

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: